-->

Tips dan Cara Memperbaiki CDI Sepeda Motor



Tips dan Cara Memperbaiki CDI Sepeda Motor
CDI
Tips dan Cara Memperbaiki CDI Sepeda MotorCDI merupakan salah satu bagian penting pada sepeda motor. CDI sepeda motor berfungsi membangkitkan listrik tegangan tinggi​ yang nantinya akan di umpankan ke busi sepeda motor. Jika komponen CDI ini mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan sepeda motor tidak akan bisa dihidupkan. 

Untuk mengetahui kondisi CDI sepeda motor sudah rusak atau belum kita membutuhkan sebuah alat ukur yang namanya voltmeter. Dengan menggunakan voltmeter kita akan mengetahui tegangan kerja yang dimiliki oleh CDI sepeda motor tersebut. Apabila anda ingin memperbaiki CDI pada sepeda motor, Anda dapat melakukan cara berikut:

Berikut Langkah-langkah memperbaiki CDI sepeda motor :
  • Pastikan posisi voltmeter bisa mengukur tegangan kerja sampai dengan diatas 300 volt.
  • Hubungkan kabel yang berwarna merah pada voltmeter kabel CDI yang menuju ke bagian koil.
  • Hubungkan kabel yang berwarna hitam pada voltmeter kebagian massa atau ground pada sepeda motor. Lebih mudahnya anda bisa hubungkan kabel berwarna hitam tersebut ke bagian body sepeda motor.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan mencoba untuk menghidupkan sepeda motor tersebut, baik menggunakan elektrik starter maupun kick starter.
  • Perhatikan jarum yang ditunjukkan pada voltmeter. Jika jarum yang ada di voltmeter bergerak dengan posisi jarum menunjuk kan tegangan diatas 200 volt maka bisa dikatakan bahwa ada tegangan listrik yang bekerja pada CDI tersebut, bisa disimpulkan kondisi CDI masih bagus.
  • Berbeda ketika jarum yang ada di voltmeter dalam kondisi diam, walaupun sepeda motor dicoba untuk dihidupkan. Pada kondisi ini bisa disimpulkan kemungkinan CDI sepeda motor mengalami kerusakan.
  • Pemukiman di atas bisa dipastikan kebenarannya dengan catatan kondisi tegangan dan arus listrik dari spul ataupun pulser masih baik. Cara mengetahui 2 komponen tersebut masih baik adalah dengan mengukur tegangan yang keluar dari kedua komponen tersebut. Cara melakukan pengukurannya juga sama, yaitu menghubungkan kabel merah kebagian kabel spul yang menuju CDI dan kabel hitam dihubungkan ke bodi sepeda motor atau ground.
  • Jika tidak ada alat ukur voltmeter, maka bisa dilakukan pengecekan CDI sepeda motor dengan langkah yang cukup sederhana, yaitu lepas kabel di CDI yang menuju ke koil. Setelah itu tempelkan ke bagian bodi sepeda motor lalu coba nyalakan sepeda motor tersebut. Jika terdapat percikkan api, maka dimungkinkan CDI masih dalam kondisi yang cukup bagus.
Demikianlah informasi yang dapat saya berikan, Semoga informasi tentang Tips dan Cara memperbaiki CDI Sepeda motor ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua :)

Semoga Bermanfaat...


HARGA HANDPHONE




Baca Juga :




Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai Tips dan Cara Memperbaiki CDI Sepeda Motor. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Apabila ada salah penulisan atau kata mohon memberikan kritik atau saran kepada kami demi sempurnanya artikel ini...


 ^^ TERIMAKASIH ^^ 




khojMedia Me aapka swagat hai.

Related Posts:

Disqus Comments
Loading...