Berikut 5 Penyebab Aki Cepat Tekor
5 Penyebab Aki Cepat Tekor - Baterai atau aki pada sebuah sepeda motor memang memiliki peran yang
cukup vital. Komponen ini berfungsi sebagai sumber kelistrikan seperti
elektrik starter, lampu, klakson dan lain sebagainya. Jika aki tekor
atau teganganya lemah, akibatnya beberapa sistem kelistrikan pada sepeda
motor tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Masalah ini memang
kerap menjumpai para biker. Sebelum anda memvonis aki sudah jelek,
sebaiknya dilakukan cek and ricek terlebih dahulu untuk mengetahui
masalah sebenarnya. Jika anda langsung mengganti aki, tanpa melakukan
pemeriksaan terlebih dahulu bisa saja aki yang baru juga mengalami
tekor.
Ada banyak faktor yang menjadi penyebab aki cepat tekor, utamanya bagi anda yang gemar melakukan modifikasi atau menambah aksesoris tanpa melakukan penyesuaian Misalnya saja memasang klakson yang tidak sesuai seperti model keong, memasang lampu HID bahkan melakukan bore up pun bisa menyebabkan aki cepat tekor. Selain itu kerusakan pada beberapa part seperti kiprok juga bisa menjadi biang keroknya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.
Ada banyak faktor yang menjadi penyebab aki cepat tekor, utamanya bagi anda yang gemar melakukan modifikasi atau menambah aksesoris tanpa melakukan penyesuaian Misalnya saja memasang klakson yang tidak sesuai seperti model keong, memasang lampu HID bahkan melakukan bore up pun bisa menyebabkan aki cepat tekor. Selain itu kerusakan pada beberapa part seperti kiprok juga bisa menjadi biang keroknya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.
Berikut 5 Penyebab Aki Cepat Tekor :
5 Penyebab Aki Cepat Tekor
|
|
1
|
Klakson Penjelasan : Sering kali kita jumpai para biker yang memasang klakson mobil di sepeda motor. Modifikasi ini tentu tidak dianjurkan karena piranti tersebut membutuhkan suplai listrik yang besar. |
2
|
Kiprok Penjelasan : Komponen ini fungsi utamanya adalah untuk membatasi tegangan dari generator atau yang biasa disebut spull Perlu anda ketahui besarnya tegangan yang dikeluarkan generator ini tergantung pada putaran mesin, artinya semakin tinggi putaran mesin maka semakin tinggi pula tegangan yang dikerluarkan. Nah karena tegangan tersebut digunakan untuk mengisi baterai maka besarnya harus dibatasi. Jika kiprok rusak maka imbasnya baterai akan mengalami overcharging atau sebaliknya. Untuk itu lakukan pengecekan apakah pengisian normal atau tidak. Caranya dengan menghidupkan mesin antara 4000- 5000 RPM kemudian periksa tegangan pengisian. Tegangan pengisian yang baik adalah 14-15 volt. |
3
|
Bore Up Penjelasan : Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa bore up bisa menyebabkan aki menjadi tekor. Banyak para biker yang melakukan bore up guna meningkatkan kapasitas silinder, akan tetapi tanpa diikuti upgrade elektrik starter. Akibatnya karena kompresi tinggi, elektrik starter menjadi sangat berat untuk memutarkan mesin. Lantaran terus dipaksa, aki bisa menjadi tekor. |
4
|
Lampu HID Penjelasan : Memasang lampu HID memang membuat nyala lampu lebih terang ketimbang standarnya. Namun perlu diingat perangkat ini membutuhkan suplay listrik yang besar. Jika tidak disesuaikan dengan spul pengisian, akibatnya aki cepat tekor. |
5
|
Stop Lamp Penjelasan : Sering kejadian, stop lamp nyala terus meski tuas rem tidak ditekan. Jika anda tidak segera mengatasinya maka arus listrik dari baterai akan mengalir terus, otomatis aki cepat tekor. Penyebabnya adalah switch rem yang rusak. |
Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang "5 Penyebab Aki Cepat Tekor" pada sepeda motor . Untuk gejala ini, sering terjadi pada motor yang sering berkendara jauh. Sekian dan terimakasih..
Semoga Bermanfaat...
Baca Juga :
- Cara Memperbaiki Aki Kering Sepeda Motor
- Cara Mengganti Oli Sepeda Motor
- Cara Meningkatkan Performa dan Kecepatan Byson
- Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula
- Cara Memperbaiki CDI Sepeda Motor